Berbagi-Berkolaborasi : Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

 30 Mei 2023

Siang ini kembali diberikan kesempatan untuk belajar, berbagi dan berkolbaorasi bersama-sama guru hebat  dalam kegiatan webinar Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Kegiatan yang menjadi bagian dari komunitas belajar SMANSA SMART ini berfokus pada upaya dari kombel untuk mendapatkan gambaran dan praktik nyata dari penerapan pembelajaran diferensiasiasi yang diharapkan dapat diadopsi oleh rekan-rekan sekolah.

Kegiatan dibuka oleh ibu Adianawaty selaku kepala sekolah. Dalam penyampaiannya, beliau berharap rekan-rekan guru dapat mengambil ilmu dan menerapkannya pada proses pembelajaran di kelasnya. Dalam praktik baik tersebut, saya -sebagai narasumber- menyampaikan praktik baik terkait pemnafaatn google form sebagai bagian dari pelaksanaan pembelajaran diferensiasi di kelas. 

Kegiatan dibagi menjadi 3 alur utama, yang dimulai dengan refleksi pemahaman terkait pembelajaran diferensiasi itu sendiri. kegiatan ini memanfaatkan mentimeter sebagai media bagi rekan-rekan guru untuk menyampaikan pemahaman yang sudah dimiliki. Tahap kedua yakni Unlock the Miracle. Tahap ini adalah penyampaian beberapa contoh praktik baik terkait penerapan pembelajaran diferensiasi. Khusus dalam momen ini, saya sampaikan praktik baik berpetualang dengan google form. 

Kegiatan diakhiri dengan pendampingan dan tutorial dalam pembuatan media berpetualang dengan menggunakan google form. Peserta antusias dalam kegiatan tersebut dikarenakan mereka mendapat insight baru terkait pemanfaatan google form yang berbeda dari biasanya.

Semoga dengan kegiatan ini, semakin banyak ide dan praktik baik yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sebagai referensi.


 

0 komentar